belajar-agama-islam

Urutan Belajar Agama Islam

belajar agama islam

Agama islam dalam syariat nya mengajarkan kita untuk belajar, dan belajar atau menuntut ilmu dalam salah satu keterangan di sebutkan sampai liang lahat, artinya belajar bagi seorang muslim adalah keharusan yang tidak ada habisnya, waktunya adalah dari kita hidup sampai maut menjemput.

Tapi dalam belajar agama ini ada beberapa aturan yang seharusnya di jalankan agar kegiatan kita menuntut ilmu bisa terarah dan mendapatkan hasil yang maksimal juga akan mendapatkan keberkahan, oiya biar berkah silahkan anda baca doa belajar sebelum membaca artikel ini, agar berkah dan bermanfaat.

BELAJAR ILMU ISLAM DARI DASAR

Aturan tidak tertulis tapi di bicarakan oleh para ulama adalah belajar agama dari dasarnya dahulu. Apa maksud dari dasar ini?.

Maksudnya adalah kita pelajari ilmu yang penting dahulu, misalnya ada ilmu tentang haji dan ilmu tentang sholat, jika sholat kita masih berantakan dan tidak paham mana rukun dan mana syarat sholat, maka mempelajari ilmu sholat lebih di dahulukan daripada ilmu tentang rukun dan syarat haji.

Lalu secara garis besar apa saja pelajaran yang harus di kuasai oleh seorang muslim dari dasar, berikut penjabarannya.

URUTAN BELAJAR AGAMA ISLAM

Ilmu paling dasar adalah ilmu aqidah, setiap muslim harus paham dan meyakini aqidah secara benar, jangan sampai ilmu dasar ini tidak kita pelajari, karena jika tidak, kita bisa terjerumus kedalam dosa beaar yang tidak di ampuni kecuali dengan taubat yang sebenar benarnya taubat, dosa tersebut adalah dosa syirik atau menyekutukan ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA.

Sudah banyak kita lihat bagaimana masyarakat awam berdoa dan meminta kepada kuburan, yang anggapan mereka ini adalah perbuatan ibadah yang akan mendapatkan pahala. Padahal jika saja mereka belajar ilmu tauhid tidak akan melakukan hal tersebut.

Selanjutnya adalah ilmu tentang fiqih yang wajib, apa itu fiqih wajib?.
Fiqih wajib adalah ilmu tentang ibadah wajib yang harus kita lakukan, seperti ilmu sholat wajib 5 waktu, ilmu zakat, ilmu puasa dan beberapa ilmu wajib lainnya.

Selanjutnya adalah ilmu tentang sunnah dan apa apa saja perbuatan dosa yang harus kita tinggalkan, belajar Al Qur’an dan belajar hadits.

Selanjutnya belajar bahasa arab, karena islam hadir dari arab dan semua perangkat di buat dengan bahasa arab, maka untuk mendalami ilmu syariat adalah wajib untuk mempelajari bahasa Arab.

Itulah beberapa urutan tahapan Belajar dalam agama islam dari dasar sampai advance, jika kita meniatkan untuk melakukan semua tahapan itu, dan kita tidak bisa sampai ketingkatan paling tinggi, maka ins sya Allah kita akan di golongkan kepada ahli ilmu.

Itulah indahnya islam, islam memandang dari apa yang kita lakukan bukan melihat dari hasil.

Hadist Tentang Menuntut Ilmu dan Keutamaannya

Diatas sudah di singgung tentang belajar agama islam dari dasar, dan jika kita melakukan ini semua maka kita akan di golongkan sebagai seorang penuntut ilmu, yang mana banyak sekali hadist tentang menuntut ilmu yang berkaitan dengan keutamaan dan keuntungannya.

Hadist tentang menuntut ilmu sangat banyak sekali, jikalau di tuliskan di dalam artikel ini maka akan sangat panjang dan akan membuat bosan kala membacanya, kami merekomendasikan untuk membaca artikel dari website penaungu.com yang membahas tentang hadist ini.

Bahasan lengkap tentang hadist ini bisa anda baca di tautan hadist tentang menuntut ilmu, dalam bahasan tersebut sangat rinci dan membawakan juga keterangan dari para ulama salaf, harpan kami setalah anda memabca artikel tersebut anda akan lebih terpacu laga dalam belajar dan mengamalkan ilmu agama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *