depot air minum biru

Syarat – Syarat Untuk Membuka Usaha Depot Air Minum Biru Anda Sendiri 

Air merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Kita menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, mulai dari minum, memasak, kebutuhan usaha atau industri, dan lain sebagainya. Saat ini, untuk ketersediaan air bersih kita sudah sangat dimudahkan. Salah satu caranya adalah dengan membeli air minum galon di depot air minum biru. Cara ini menjadi alternatif pilihan banyak orang terutama para ibu rumah tangga. 

Di Indonesia sendiri, depot air minum biru telah banyak tersebar di seluruh daerah. Karena biaya pembuatan depot air minum biru yang terbilang cukup murah serta mesin yang tidak memerlukan tempat yang luas, usaha ini diminati oleh banyak orang. Apakah anda tertarik untuk membuka usaha depot air minum biru juga ? Nah, untuk membuka usaha depot air minum biru sendiri terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan syarat – syarat tersebut. Simaklah penjelasan berikut ini.

Apa itu Depot Air Minum Biru ?

depot air minum biru

Depot Air Minum Biru merupakan usaha industri yang melakukan proses pengolahan air baku menjadi air siap minum yang akan dijual langsung kepada para konsumen. Air baku yang dimaksud disini adalah air yang belum layak atau tidak layak konsumsi. Pengolahan air ini dilakukan dengan cara melakukan filtrasi (penyaringan) dan desinfeksi pada air. Proses penyaringan ini tentunya dibantu dengan mesin dan alat yang canggih dan sesuai standar.

Keuntungan Membuka Usaha Depot Air Minum Biru

  1. Modal yang dikeluarkan sedikit

Untuk mendirikan usaha depot air minum biru anda tidak membutuhkan modal atau biaya yang banyak seperti usaha – usaha yang lainnya. Hal ini karena mesin atau alat yang digunakan untuk usaha ini terbilang sedikit, contohnya drum penampung air bersih, mesin penjernih air, peralatan pengisian air, mesin pencuci bagian galon, dan peralatan pendamping lainnya. Dengan hanya menggunakan mesin atau alat tersebut, anda sudah dapat memulai usaha depot air minum anda.

  1. Mudah mendapatkan pelanggan

Air merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, maka dari itu banyak orang yang memilih air isi ulang untuk kebutuhan sehari – harinya, karena selain praktis air isi ulang dijual dengan harga yang murah. Maka dari itu, untuk mencari pelanggan dalam usaha ini cukup mudah. Baik tetangga atau teman anda akan berdatangan untuk mengisi ulang galon mereka.

  1. Keuntungan yang didapatkan besar

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar masyarakat di Indonesia saat ini lebih memilih menggunakan air kemasan atau galon untuk kebutuhan air sehari – hari. Selain itu orang – orang lebih memilih sesuatu yang praktis dan mudah, karena sebagian besar waktu mereka dihabiskan di tempat kerja untuk mencari uang. Bisa kita bayangkan, dalam sehari setiap orang dapat mengisi galonnya lebih dari 3 kali, dengan begitu keuntungan yang kita dapatkan akan sangat besar.

Syarat – Syarat Membuka Usaha Depot Air Minum Biru

Untuk membuka usaha depot air minum biru, persyaratan – persyaratan dibawah ini perlu dipenuhi. Persyaratan tersebut diantaranya :

1.Depot air minum biru harus memiliki Surat Jaminan Pasok Air Baku dari PDAM atau perusahaan yang memiliki Izin Pengambilan Air dari Instansi yang berwenang

2.Depot air minum biru wajib memiliki Tanda Daftar Industri dan Tanda Daftar Usaha Perdagangan

3.Depot air minum biru harus memiliki laporan hasil uji air minum dari laboratorium pemeriksaan kualitas air yang ditunjuk pemerintah kabupaten atau kota.

Selain syarat diatas, menurut Pasal 3, Pasal 6, dan Pasal 7 Kepmenperindag 651/2004 persyaratan dibawah ini juga perlu untuk dipenuhi :

1.Air baku yang digunakan untuk usaha harus memenuhi standar mutu yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan

2.Depot air minum biru dilarang mengambil air baku yang berasal dari PDAM dalam jaringan distribusi untuk rumah tangga

3.Air minum yang dihasilkan oleh depot air minum biru harus memenuhi persyaratan kualitas air minum sesuai yang ditetapkan Peraturan Menteri Kesehatan

4.Transportasi air baku dari lokasi sumber menuju ke depot air minum biru wajib harus menggunakan tangki pengangkut air yang memiliki food grade

5.Depot air minum biru dilarang memiliki stok produksi air minum dalam wadah yang langsung siap jual

6.Depot air minum biru harus melakukan pencucian, pembilasan, dan sanitasi wadah yang dilakukan dengan cara yang benar

Seperti itulah syarat – syarat yang harus dilakukan untuk membuka usaha depot air minum biru. Semoga informasi ini dapat berguna untuk anda semua. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *