PENGARUH TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN

PENGARUH TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN

Pada era globalisasi seperti yang terjadi pada saat ini, Teknologi sudah menjadi salah satu bagian dalam kehidupan. Dimana seperti yang anda tahu bahwa peradaban teknologi informasi seperti saat ini memang memberikan dampak yang sangat berarti untuk gaya hidup manusia.

Saya sebagai mahasiswa Teknik Informatika senantiasa mendukung dan ikut mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mempermudah pekerjaan dan memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum definisi dari Teknik Informatika adalah suatu teknologi atau adalah suatu sarana yang dipakai untuk mengubah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam begitu banyak cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yakni informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang dipakai untuk kebutuhan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan adalah informasi yang strategis untuk mengambil keputusan.

Pengaruh dari peradaban Teknologi, terutama dari peradaban teknologi informasi terbagi menjadi dua macam, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Semua itu kembali lagi pada cara manusia itu sendiri untuk berfikir dan bagaimana dia memanfaatkan peradaban Teknik Informatika (TI), apakah untuk sesuatu yang mempunyai sifat membangun dan berfungsi (positif) atau untuk hal-hal yang termasuk salah satu kearah negatif.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus bertambah seiring kebutuhan manusia. Dengan berkembang dan maju nya TIK kegiatan dan hal – hal yang anda hadapi jadi lebih mudah diselesaikan, namun menurut keterangan dari saya, perkembangan dan pemakaian TIK dalam kehidupan sehari hari itu seperti peribahasa “api kecil jadi kawan, jika besar menjadi lawan”. Karena jika perkembangan dan pemakaian TIK diterapkan secara tepat dan benar, maka akan menimbulkan dampak positif yang paling berguna bagi manusia. Tetapi, jika penerapanya salah atau terlalu berlebihan, maka bisa menimbulkan dampak negatif.

Berikut contoh dampak positif dari perkembangan dan pemakaian TIK :

1.Pada zaman dahulu, jika kita ingin berkomunikasi dengan orang lain harus memakai surat yang dikirim lewat pos. Tetapi, zaman sekarang kita hanya tinggal memakai dunia maya. Contoh : sms,line,Whatsapp, Blackberry Messenger, dsb.
2.Dulu untuk menghitung, anda menggunakan cara manual, lalu berkembang dengan memakai sempoa, dan sekarang memakai kalkulator.
3.Dulu untuk melakukan transaksi jual beli (berdagang) anda harus datang ke tempat, namun sekarang, saya dan anda bisa menggunakan media online, anda tidak perlu bertemu Face-to-Face antara penjaja dan pembeli.

Tak kalah pentingnya, mesti pun diperhatikan dampak negatif dari perkembangan dan pemakaian TIK.

Berkut beberapa contoh dampak negatif dari perkembangan dan pemakaian TIK :

1.Kebergantungan terhadap teknologi, andaikan handphone, dan itu dapat memunculkan radiasi yang bisa membahayakan kesehatan tubuh
2.Kecanduan akan dunia maya bisa membuat manusia menjadi pasif dalam dunia nyata. “orang yang aktif dan jago berkomunikasi di dunia maya, belum pasti dapat berkomunikasi di dunia nyata sebaik ia berkomunikasi melalui dunia maya”.
3.Terbiasanya pemakaian teknologi bisa membuat kita malas dan dapat meminimalisir daya keterampilan diri kita. Contoh : dalam berhitung, orang yang selalu memakai kalkulator dalam menghitung akan kalah keterampilan berhitungnya dengan orang yang jarang memakai kalkulator.
4.Dapat menimbulkan tindakan kejahatan. Contohnya : saat kita melakukan pembelian barang melalui media online, terkadang barang yang hingga belum pasti sama dengan apa yang anda pesan (yang diiklankan oleh penjual).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *