Manfaat Batu Granit Untuk Perhiasan Dan Konstrusi

Manfaat Batu Granit Untuk Perhiasan Dan Konstrusi

Granit adalah batuan beku agresif yang bersifat granular dan memiliki tekstur bulat. Kata “granit” berasal dari kata Latin “granum”, yang berarti butiran beras. Istilah granit juga berlaku untuk batuan beku invasif dengan tekstur yang sama, dengan sedikit perubahan komposisi dan asal. Batuan itu terutama terdiri dari 3 elemen utama, yaitu:

Manfaat Batu Granit Untuk Perhiasan Dan Konstrusi

kuarsa
Alkaline Feldspar
Plagioklas Feldspar
Mineral ini memberikan berbagai warna granit seperti putih, merah muda atau abu-abu muda. Granit juga mengandung sejumlah kecil coklat gelap, mineral hijau tua atau hitam seperti amphibole dan biotite mika.

Asal usul granit

Granit adalah batuan beku, dengan kandungan kuarsa minimal 20% dan kandungan alkali feldspar hingga 65%. Batu ini besar dan keras. Kepadatan rata-rata granit adalah 2,65-2,75 g / cm3, dan memiliki tekanan yang kuat, biasanya melebihi 200 MPa. Karena itu, sering digunakan sebagai bahan utama untuk struktur bangunan. Sekarang diketahui bahwa granit hanya ada di bumi dan merupakan bagian penting dari kerak benua.

Manfaat Granit

Dibandingkan dengan batu pasir, batu kapur, marmer dan batu kapur, granit memiliki banyak keunggulan. Salah satu kelebihannya adalah ukuran granit lebih besar dan teksturnya keras. Ini menjadikannya salah satu jenis bahan baku paling populer dalam konstruksi. Selain itu, batu alam ini memiliki daya tahan yang lebih besar, karena tidak larut dalam asam dan lebih tahan terhadap hujan atau asam.

Baca Juga :
Batu Cincin Jakarta
Harga Batu Junjung Drajat Asli Yang Bagus

Selain itu, granit jauh lebih tidak berbahaya daripada marmer, batu kapur atau batu pasir, memiliki penyerapan air yang lebih rendah dan lebih sulit. Keunggulan granit menjadikannya salah satu ras terbaik di setiap struktur bangunan. Berbagai elemen alami, seperti panas atau air, tidak akan merusak batu.

Granit adalah salah satu bahan bangunan paling populer. Batu alam ini telah digunakan selama ribuan tahun di interior dan eksterior. Granit digunakan dalam konstruksi, jembatan, pengaspalan, monumen dan banyak pekerjaan luar ruangan lainnya. Granit juga dapat digunakan sebagai ubin, lantai keramik, tangga dan banyak desain lainnya. Granit adalah bahan otoritatif yang dapat digunakan dalam proyek-proyek yang menciptakan tampilan cantik dan berkualitas tinggi. Beberapa aplikasi granit meliputi:

  1. Bahan dasar untuk konstruksi luar

Keunggulan granit adalah salah satu elemen struktural utama sebuah bangunan dan dapat memberikan kesan elegan pada bangunan, jembatan, monumen dan bangunan lainnya. Penggunaan granit telah diturunkan dari generasi ke generasi. Saat ini, bahan ini masih banyak digunakan sebagai bahan utama untuk banyak proyek konstruksi.

Tekstur batu granit memiliki sifat non-slip dan memiliki penampilan yang lebih menarik. Namun, Anda masih bisa menumpulkan blok untuk membuatnya membosankan. Karena itu, balok ini digunakan untuk dinding interior bangunan.

  1. Bahan dasar untuk konstruksi internal

Meskipun keras, granit dapat diasah agar terlihat lebih menarik dan elegan. Batu-batu ini dapat digunakan sebagai ubin di dapur, di kamar mandi dan tempat-tempat lain di rumah atau bangunan. Bahan ini juga dapat digunakan sebagai dinding kamar mandi, tangga dan tangga, meja dapur, panel kamar mandi, wastafel, perapian, dan banyak lagi.

  1. Bahan utama untuk paving

Granit juga bisa digunakan sebagai paving atau teras. Karena granit berwarna-warni, itu membuat kesan yang hebat. Keindahan granit yang dipadukan dengan pengalaman desainer dapat menciptakan efek yang unik dan abadi. Tapi sekarang keberadaan granit sudah mulai digantikan oleh aspal dan beton, yang terakhir, seperti yang Anda tahu, memiliki biaya konstruksi yang lebih rendah.

  1. Batu Nisan

Granit adalah batu alam yang paling sering digunakan sebagai batu nisan di Amerika Serikat dan negara lain. Ini karena kelebihan granit yang sangat tahan lama dan menunjukkan kesan elegan setelah dipoles. Selain itu, manfaat marmer juga digunakan untuk membuat batu nisan.

  1. Dekorasi batu

Salah satu jenis granit paling menarik yang pernah ditemukan adalah K2, yang terletak di gunung tertinggi kedua di dunia. Di bagian bawah gunung adalah eksposisi granit berwarna cerah, yang merupakan bola apatit biru. Kebanyakan orang tidak percaya bahwa apatite memang ada di granit. Bahan ini bisa diolah menjadi batu permata dan banyak dijual di pasar batu permata AS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *