Jenis Kertas untuk Mesin Percetakan Stiker

Jenis Kertas untuk Mesin Percetakan Stiker

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan akan produk cetak seperti stiker, brosur, poster, kartu nama, pamflet, dan lain sebagainya juga semakin meningkat. Hal inilah yang melatarbelakangi semakin berkembangnya mesin-mesin cetak, tak terkecuali dengan mesin percetakan stiker.

Perlu diketahui juga bahwa jenis kertas yang digunakan untuk mencetak stiker tentu berbeda dengan kertas yang digunakan untuk cetak buku online atau produk lainnya. Untuk mengetahui secara lengkap mengenai jenis-jenis kertas stiker, mari simak penjelasannya berikut ini:

Jenis-Jenis Kertas untuk Mesin Percetakan Stiker

1.   Chromo

Bagi Anda yang sering cetak stiker, tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis kertas yang satu ini. Jenis kertas ini memiliki ciri-ciri permukaan yang licin, sehingga sangat cocok digunakan untuk bahan stiker dan cetak separasi.

Kertas ini juga memiliki daya rekat yang sangat baik, sehingga cocok untuk stiker promosi, stiker produk atau label kemasan, stiker pilkada, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, stiker kertas chromo lebih mudah luntur apabila terkena air hujan, sehingga kurang tepat apabila ditempel di luar ruangan.

2.   Vinyl

Selain chromo, kertas vinyl merupakan jenis kertas yang banyak digunakan untuk bahan pembuatan stiker. Dibandingkan dengan chromo, kertas jenis ini lebih tahan lama, karena terbuat dari bahan plastik yang lentur. Penampilan stiker vinyl juga terlihat jauh lebih berkualitas dengan permukaan yang glossy.

Stiker vinyl juga lebih tahan di segala kondisi cuaca, sehingga tidak masalah apabila ditempel di luar ruangan. Untuk proses cetak stiker menggunakan kertas ini tidak bisa dicetak menggunakan mesin cetak inkjet dan hanya bisa dilakukan menggunakan laserjet print saja.  

3.   Bontax

Kertas stiker jenis ini sekilas tampak biasa saja seperti kertas pada umumnya. Namun, kertas stiker yang satu ini memiliki daya rekat yang sangat kuat dan tidak mudah lepas, sehingga banyak digunakan sebagai label kemasan produk. Untuk proses cetaknya stiker menggunakan kertas jenis ini bisa dilakukan menggunakan printer inkjet dan tambahan laminasi agar lebih awet. 

4.   Yupo

Kertas stiker jenis ini memiliki daya tahan yang bagus, sehingga aman dan tidak luntur ketika terkena air, minyak, atau bahan kimia. Kertas stiker yupo ini sangat cocok digunakan sebagai stiker label kemasan, stiker barcode, brosur, dan lain sebagainya.

5.   Gold Foil

Sesuai dengan namanya, kertas stiker jenis ini memiliki ciri khas pada warnanya, yaitu emas. Kertas gold foil juga relatif tipis dibandingkan jenis kertas stiker lainnya, namun terbilang kuat dan tidak mudah sobek.

Gold foil banyak digunakan untuk objek berwarna keemasan, seperti hiasan bangunan. Tidak sama seperti kertas stiker lainnya, gold foil memiliki perekat yang terpisah dari kertasnya.

6.   Chrome

Jenis kertas stiker yang satu ini memiliki ciri khas, yaitu terdapat glitter pada bagian lapisan kertasnya, sehingga akan terlihat berkilauan. Namun, untuk jenis kertas ini tidak bisa diprint menggunakan mesin percetakan stiker, sehingga penggunaannya hanya sebatas untuk melindungi body kendaraan dari gesekan atau goresan.  

Bagi Anda yang membutuhkan jasa cetak stiker, brosur, buku, poster, atau produk lainnya dengan kualitas terbaik, Only Print adalah solusi terbaik. Sebagai jasa percetakan berbasis online yang sudah terpercaya, segala kebutuhan cetak yang Anda butuhkan dapat terselesaikan dengan cepat dan biaya cetak yang sangat ramah di kantong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *