Hal-Hal Kecil Yang Bikin Kehamilan Lebih Sehat Bagian 2

  • Tetap produktif. Hamil itu mengasyikkan! Jadi Mama harus tetap produktif. Ini artinya Mama perlu beraktivitas seperti biasa (jadi, jangan tidur terus ya…). Tanamkan selalu pikiran positif bahwa selama hamil ini, tenaga Mama jadi berlipat ganda; hamil itu akan mendatangkan banyak rezeki. Pikiran-pikiran ini akan memacu Mama tetap produktif sesuai dengan profesi masing-masing. Tentu aktivitas Mama perlu dibarengi dengan gaya hidup sehat, istirahat yang cukup (setidaknya tidur 8 jam), cukupi asupan gizi, tidak lupa untuk menjaga asupan cairan dengan minum air yang cukup.
  • Baca… Baca… Baca.. Dalam hal ini tentu membaca isu-isu terkait dengan kehamilan. Salah satunya tentu dari tabloid kesayangan kita ini atau dari berbagai website di dunia maya, seperti situs tentang parenting dan pendidikan untuk anak. Dengan berbekal pengetahuan yang cukup, Mama bisa (lebih) mawas diri dan menjalani kehamilan sehat.

Libatkan Papa Dalam Masa Kehamilan

Seperti: Mama tetap makan walau setiap kali makan muntah. Atau Mama mampu mengerem kebiasaan ngemil dan makan saat melihat angka timbangan menunjukkan gelagat kenaikan BB yang drastis. Pendek kata, Mama tahu apa yang terjadi pada dirinya di setiap trimester. Keuntungan lain, masukanmasukan yang diberikan oleh dokter saat kontrol lebih mudah dipahami, Mama tahu kenapa dokter menyarankan ini dan itu, kenapa dokter melakukan tindakan ini dan itu.

Untuk Mama ketahui, dokter cenderung lebih senang dan tidak segan-segan berbagi ilmu dengan pasien yang cerdas. Dengan berbekal ilmu pengetahuan yang cukup, Mama pun bisa mengingatkan dokter jika lupa melakukan pemeriksaan yang seharusnya dilakukan sehingga Mama tidak menjadi pasien yang “pasrah” saja. Mental Mama juga akan terbangun dengan baik untuk selalu siap dan sigap selama kehamilan.

Mama bisa menjalani kehamilan dengan penuh percaya diri. Kabar baiknya, dengan modal ketenangan dan percaya diri yang Mama miliki itu, berarti 50% kesuksesan kehamilan sudah Mama raih. Nah, hal-hal kecil mana yang sudah Mama lakukan?

Mama, libatkan selalu suami tercinta dalam masa kehamilan ini. Keterlibatannya ini dijamin akan membuat Mama merasa lebih nyaman. Papa pun akan makin memahami Mama dan kehamilan yang tengah Mama jalani. Apa yang bisa Papa lakukan? Ajak ia selalu pergi bersama untuk kontrol kehamilan. Sering-sering jalanjalan bersama, pergi berlibur, dan bercengkerama. Lakukan olahraga ringan bersama di hari libur, termasuk mendiskusikan nama bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *