Kebersihan Jok Mobil

Cara Merawat Kebersihan Jok Mobil Sesuai Jenis Bahannya Yang Tepat

Semua orang pasti menginginkan mobilnya tampak bersih kinclong. Namun sayangnya, banyak yang hanya mengindahkan eksteriornya saja. Sedangkan untuk interior seperti kebersihan jok mobil malah terlupakan.

Padahal jok mobil merupakan bagian yang harus selalu dirawat kebersihannya. Untuk proses pembersihannya pun tidak boleh asal-asalan. Setiap jenisnya punya perawatan sendiri untuk membuatnya awet dan bersih.

baca juga: jasa bersih rumah Batam

Cara Merawat Kebersihan Jok Mobil Sesuai Jenis Bahannya

Jok mobil terdiri dari beberapa jenis bahan. Di mana kualitas masing-masing bahannya berbeda-beda. Karena itu, cara merawat kebersihannya pun berbeda. Ada yang mudah dibersihkan, ada pula yang harus secara khusus.

Nah, untuk lebih jelasnya perhatikan berikut ini:

  • Bahan Vinyl

Kebersihan jok mobil berbahan vinyl terbilang mudah untuk dijaga. Anda hanya butuh cairan pembersih dan kain lap. Atau juga larutan baking soda untuk noda di permukaan jok.

Cara membersihkannya juga gampang. Semprotkan cairan pembersih kemudian seka dan lap dengan kain. Biasanya dengan begitu noda dan kotoran akan hilang. Jok mobil Anda pun dapat kembali bersih.

  • Bahan Kulit

Ada dua jenis kulit yang biasa digunakan untuk jok mobil. Yaitu kulit imitasi dan kulit asli. Keduanya harus Anda jaga kebersihannya dengan hati-hati. Karena jok ini sangat mudah rusak.

Jok berbahan kulit imitasi sifatnya mirip dengan bahan vinyl. Yaitu lebih mudah dibersihkan dan tahan air. Jadi tidak ada kesulitan untuk membersihkannya.

Cukup dengan gunakan vacuum cleaner atau lap basah. Dan untuk menjangkau sela-selanya, bisa gunakan kuas atau sikat gigi.

Sementara jika jok dari bahan kulit asli maka dibutuhkan pembersihan khusus. Tidak boleh asal apalagi dengan pembersih sembarangan. Anda dapat gunakan lap kering dan pembersih khusus bahan kulit. Lalu bersihkan dengan cara usap perlahan hingga noda hilang.

  • Bahan Kain

Jok dengan material bahan kain terdiri dari berbagai jenis. Di mana yang paling umum adalah kain tenun dan kain beludru.

Jika dari bahan kain tenun, pembersihan harus ekstra hati-hati. Pertimbangkan apakah ingin dibersihkan seluruhnya atau sebagian saja. Karena bahan tenun ini sifatnya mudah rusak dan berjamur saat lembap.

Pembersihan dapat dilakukan memakai sikat lembut dan pembersih. Kemudian bilas dengan air hangat dan seka hingga kering.

Sedangkan jika jok dari kain beludru, sebaiknya gunakan kain halus saja. Jangan gunakan sikat atau alat lain yang kasar. Pilih juga cairan pembersih yang lembut. Serta jangan lupa bilas dengan air hangat. Pembersihan jok beludru ini sebaiknya Anda lakukan di luar mobil.

baca juga: cleaning service Batam

Bahaya Tidak Merawat Kebersihan Jok Mobil

Merawat mobil tidak hanya melulu soal mesin dan body eksterior. Perihal kebersihan jok mobil juga tak kalah penting untuk dirawat. Mengapa itu perlu?

Pasalnya jok mobil adalah bagian mobil paling krusial. Berbagai macam kotoran dapat dengan mudah menempel. Mulai dari remah makanan, tumpahan cairan hingga debu. Maka dari itu, kebersihannya benar-benar harus diperhatikan.

Jok mobil yang kotor bisa mengancam kesehatan pengendara. Debu dan kotoran yang menumpuk bisa menjadi sarang banyak penyakit. Belum lagi jika terdapat tungau, kutu atau lainnya. Itu bisa sangat berbahaya bagi kesehatan kita.

Gangguan kesehatan yang ditimbulkan bisa beragam. Namun yang paling sering adalah gangguan kulit. Seperti gatal-gatal atau infeksi kulit dan memicu alergi. Dalam kondisi parah, ini bisa juga berkembang menjadi penyakit serius lainnya.

Anda tentu tidak ingin bahaya itu mengintai Anda dan keluarga, bukan? Oleh karena itu, usahakan Anda merawat kebersihan jok mobil dengan baik. Kalau pun tidak sempat membersihkannya sendiri, gunakan saja jasa bersih jok mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *