cara mengetahui karakter seseorang

Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang Dengan Isyarat Penting Ini !

Cara mengetahui kepribadian seseorang – Apakah kepribadian, watak atau karakter seseorang bisa di ketahui ? Dalam ilmu psikologi, sering kali kita mendengar dan melihat seorang psikiater bisa mengetahu karakter seseorang. Yang mereka baca adalah berasal dari isyarat apa yang nampak dan apa yang tersembunyi.

Seorang psikiater tidak akan percaya begitu saja, dengan apa yang anda sampaikan mengenai karakter seseorang, tetapi lebih dari pada itu, mereka ingin menggali informasi-informasi dalam nun jauh di masa lalunya, tentang berbagai konflik batin, emosi, serta sesuatu yang menjadikan mereka menjadi saat ini. Dan penilaian ini tentunya mereka bersifat objektif.

Dalam ilmu psikologi mereka memiliki pengetahuan untuk itu. Karena apa yang terjadi saat ini, bukan terjadi begitu saja tetapi merupakan sebuah akumulasi atau proses pengalaman yang menjadikan kepribadiannya demikian rupa.
Seorang militer, guru, atau seseorang yang dari lingkungan kumuh, akan berbeda karakternya dengan mereka yang hidup di lingkungan serba glamour.

Cara Mengetahui Karakter Seseorang Dengan Memperhatikan Isyaratnya

1. Bahasa tubuh

Cara pertama untuk mengindentifikasi karakter seseorang adalah dengan memperhatikan isyarat dari gerak tubuhnya. Penelitian mengungkapkan bahwa 55% seseorang berkomunikasi dengan bahasa tubuh. Kata-kata 7% sedangkan nada suara 30%. Olhenya itu, bahasa tubuh memiliki porsi yang cukup besar dalam menyampaikan maksud dan ide seseorang.

Judith Orloff MD sebagai seorang psikiater Amerika mengungkapkan dalam mengamati bahasa tubuh tetaplah santai, dan bersikap biasa saja, duduk, nyaman dan hanya mengamati.

Berikut beberapa contoh isyarat bahasa tubuh yang menyimpan pesan berguna terkait cara mengetahui karakter seseorang.

a. Penampilan

Saat membaca perilaku orang lain, apakah mereke mengenakan power suit dan sepatu yang bagus ? apakah cara berpakiannya rapi atau serampangan ? apakah geraknya punya ambisi ? memaki jeans atau kaos, apakah mereka nyaman dengan kasual ? atau senang menggunakan pernak-pernik aliran musik rock, ataukah menggunakan asseosoris keagamaan seperti baju muslim, dan lain sebagainya.

b. Perhatikan Postur

Saat membaca postur orang, coba perhatikan : Apakah mereka mengangkat kepala dan percaya diri ketika berbicara ataukah menunduk dan sering berpaling? Atau apakah mereka berjalan dengan ragu-ragu atau gemetar, tanda kurang percaya diri ? atauk apakah mereka sombong dengan dada yang membuncit, tanda ego yang besar?

c. Perhatikan Gerakan Fisik

Amati di mana mereka bersandar. Secara umum, kita condong ke arah yang kita sukai dan menjauh dari yang tidak kita sukai. Tangan dan kaki yang menyilang— Pose ini menunjukkan sikap defensif, marah , atau melindungi diri. Ketika orang-orang menyilangkan kaki mereka, mereka cenderung mengarahkan jari-jari kaki atas ke arah orang yang paling mereka sukai.

Menyembunyikan tangan— Ketika orang meletakkan tangan di pangkuan, saku, atau meletakkannya di belakang, itu menunjukkan bahwa mereka menyembunyikan sesuatu.
Menggigit bibir — Ketika orang menggigit atau menjilat bibirnya atau memetik kutikula mereka mencoba menenangkan diri di bawah tekanan atau dalam situasi yang canggung.

d. Ekspresi Wajah

Suasana batin terukir di wajah kita. Garis-garis kerutan yang dalam menunjukkan kekhawatiran atau pemikiran yang berlebihan. Bibir yang mengerut menandakan kemarahan, penghinaan, atau kepahitan. Rahang dan gigi yang terkatup adalah tanda-tanda ketegangan.

2. Dengarkan Intuisi Anda

Anda dapat menyesuaikan diri dengan seseorang di luar bahasa tubuh dan kata-kata mereka. Intuisi adalah apa yang Anda rasakan, bukan apa yang dipikirkan kepala. Ini informasi nonverbal yang Anda terima melalui gambar, dan pengetahuan tubuh, bukan logika. Jika Anda ingin memahami seseorang, yang paling penting adalah siapa orang itu, bukan hiasan luar mereka. Intuisi membuat Anda melihat lebih jauh daripada yang tampak untuk mengungkap cerita yang lebih kaya.

Berikut Isyarat Intuitif

1. Hormati perasaan Anda

Dengarkan apa yang anda rasakan saat pertemuan pertama, reaksi mendalam yang terjadi sebelum Anda memiliki kesempatan untuk berpikir. apakah Anda merasa nyaman atau tidak. Perasaan yang muncul dengan cepat, respons yang paling awal. Itu adalah parameter melihat kebenaran internal Anda, menyampaikan apakah anda bisa memercayainya.

2. Rasakan merinding

Goosebumps adalah tingkat intuisi yang luar biasa yang menyatakan bahwa kita beresonansi dengan orang-orang yang menggerakkan atau menginspirasi kita, atau sedang mengatakan sesuatu yang menyentuh akord. Goosebumps juga terjadi ketika Anda mengalami deja-vu, sebuah pengakuan bahwa Anda telah mengenal seseorang sebelumnya, meskipun sebenarnya Anda belum pernah bertemu.

3. Perhatikan kilasan wawasan

Dalam percakapan, Anda mungkin mendapatkan “ah-ha” tentang orang-orang yang datang dalam sekejap. Tetap waspada. Kalau tidak, Anda mungkin akan melewatkannya. Kita cenderung melanjutkan ke pemikiran selanjutnya dengan cepat wawasan kritis ini bisa hilang.

4. empati intuitif

Terkadang Anda bisa merasakan gejala fisik dan emosi orang lain di tubuh Anda yang merupakan bentuk empati yang kuat. Jadi, ketika membaca karakter seseorang, perhatikan, “Apakah punggungku sakit ketika sebelumnya tidak? Apakah saya tertekan atau kesal setelah pertemuan yang lancar? ”Untuk menentukan apakah ini empati, dapatkan umpan balik.

Itulah beberapa isyarat penting ketika anda ingin mencari cara mengetahui karakter seseorang, baik itu, atasan, teman kerja, seseorang yang baru anda kenal, bahkan sampai dengan pasangan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *