Cara Memilih Paket Aqiqah Bandung Hemat Biaya

Setiap pasangan tentu menunggu kehadiran buah hati tercinta di tengah-tengah mereka. Keberadaan si kecil memang selalu membawa kebahagiaan bagi semua keluarga. Atas kelahiran putra atau putri tercinta, orang tua tentu bersemangat untuk segera melaksanakan prosesi aqiqah sebagai bentuk rasa syukur.

Pelaksanaan aqiqah tentu membutuhkan sejumlah dana yang tidak sedikit. Hal ini mengingat bahwa harus ada prosesi penyembelihan 1 kambing untuk anak perempuan dan 2 kambing untuk anak laki-laki. Namun, tidak perlu khawatir jika ingin menyelenggarakan aqiqah tapi hanya memiliki dana terbatas. Saat ini, tersedia layanan paket aqiqah Bandung yang siap membantu seluruh prosesi aqiqah menjadi lebih hemat biaya.

Tips Menggelar Acara Aqiqah Agar Lebih Hemat Biaya

Hanya memiliki dana yang terbatas bukan berarti tidak bisa melaksanakan aqiqah. Prosesi ibadah aqiqah tetap bisa dilaksanakan dengan menggelar acara yang sederhana. Tidak perlu malu untuk menyelenggarakan aqiqah secara sederhana, selama semua rangkaian prosesi aqiqah telah memenuhi tuntunan yang ada. Nah, bagi Anda yang berencana melaksanakan aqiqah untuk buah hati, silahkan simak tips berikut ini:

1. Buat Rencara Acara

Diskusikan dengan pasangan dan anggota keluarga lainnya mengenai acara aqiqah seperti apa yang ingin dilaksanakan. Jika sepakat untuk menggelar acara yang sederhana, maka Anda hanya perlu membuat susunan acara aqiqah yang wajib saja. Tidak perlu menambahkan prosesi lain yang berlebihan dan menghabiskan banyak dana. Hal yang terpenting adalah acara tersebut bisa menyampaikan tujuan aqiqah itu sendiri.

2. Buat Susunan Anggaran

Menyusun anggaran sangat penting untuk dilakukan di awal agar Anda bisa tau sejauh mana perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk menjalankan acara aqiqah tersebut. Susunan anggaran dibuat dengan cara mencacat seluruh kebutuhan beserta perkiraan harga atau biaya yang dikeluarkan untuk menggelar acara aqiqah tersebut.

Termasuk biaya-biaya kecil yang nantinya dibutuhkan. Jangan lupa menyelipkan sejumlah anggaran tak terduga untuk menangani kendala di luar rencana. Ini sangat penting agar tidak mengganggu keuangan ke depannya.

3. Tentukan Waktu Terbaik

Pemilihan waktu pelaksanaan acara aqiqah juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Jangan terburu-buru untuk menentukan waktu tanpa membuat persiapan yang matang. Pastikan waktu yang dipilih dibarengi dengan tersedianya anggaran yang pas.

Selain itu, perlu dipertimbangkan untuk memilih hari minggu sebagai tanggal pelaksanaan aqiqah. Hal ini mengingat pada hari kerja biasanya akan memiliki kesibukan yang sangat padat. Jika melaksanakan aqiqah di hari kerja, kemungkinan banyak tamu undangan yang tidak bisa hadir. Maka dari itu, lebih efektif untuk memilih hari libur saja.

4. Batasi Jumlah Tamu Undangan

Pada setiap jenis acara, jumlah tamu undangan tentu akan langsung berpengaruh pada besarnya biaya yang harus dikeluarkan, termasuk dalam menggelar acara aqiqah. Maka dari itu, langkah tepat untuk lebih hemat adalah dengan membatasi jumlah tamu yang diundang. Jangan lupa untuk memastikan bahwa jumlah konsumsi yang disediakan bisa memenuhi semua tamu yang datang.

5. Pilih Paket Aqiqah Sesuai Anggaran

Jika berencana untuk menggunakan jasa paket aqiqah Bandung, maka pastikan untuk memilih jenis paket yang sesuai. Biasanya, jasa paket aqiqah akan menawarkan beberapa pilihan paket, mulai dari yang paling hemat sampai yang paling mahal. Ini tentu sangat memudahkan Anda untuk memilih paket aqiqah sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Selain itu, paket aqiqah seperti ini juga bisa memudahkan Anda untuk memperkirakan berapa jumlah tamu yang harus diundang agar sesuai dengan jumlah konsumsi yang disediakan pada paket tersebut.

Kenali Cara Menggunakan Jasa Paket Aqiqah Bandung

Belakangan ini, semakin banyak lembaga aqiqah yang bermunculan di kota-kota seluruh Indonesia. Termasuk di Bandung yang merupakan kota besar. Ternyata, memilih jasa paket aqiqah tidak boleh asal-asalan mengingat bahwa acara aqiqah merupakan sakral dan harus dilaksanakan sesuai syariat.

Jadi, sangat penting untuk memilih lembaga aqiqah yang mampu melaksanakan proses aqiqah sesuai syariat. Mulai dari pemilihan hewan, penyembelihan hewan, dan pengolahan daging hewan. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk menggunakan jasa paket aqiqah Bandung, sebaiknya simak tips berikut ini:

1. Pilih lembaga yang profesional

Lembaga aqiqah yang profesional, tentunya sudah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam melaksanakan prosesi penyembelihan hewan aqiqah. Untuk memastikan bahwa prosesi dilaksanakan sesuai syariah, sebaiknya pilih lembaga yang sudah bersertifikat halal MUI. Salah satu rekomendasi jasa aqiqah terbaik di wilayah Bandung dan Cimahi adalah Assabiq Aqiqah yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

2. Pastikan kondisi hewan sehat

Perlu diingat bahwa hewan yang digunakan untuk ibadah aqiqah harus sehat dan tanpa cacat sedikit pun. Jadi, penting untuk mengecek sendiri bagaimana kondisi kesehatan kambing yang akan disembelih untuk aqiqah. Sebaiknya, langsung saja datang ke kandang kambing yang dimiliki oleh lembaga aqiqah tersebut untuk memastikan bahwa kambing yang dipilih berada dalam kondisi sehat dan tidak cacat.

3. Beli kambing dalam kondisi hidup

Sangat tidak disarankan untuk membeli daging kambing atau domba yang sudah dipotong. Hal ini karena Anda tidak bisa melihat bagaimana kondisi kesehatan kambing dan seperti apa proses penyembelihan berlangsung. Apakah yakin bahwa daging tersebut benar-benar disembelih sesuai syariat?

Untuk memastikan bahwa kambing disembelih dan diolah sesuai ajaran agama Islam, maka penting sekali untuk membeli kambing yang kondisinya masih hidup. Bukan hanya bisa melihat bagaimana kondisi kesehatannya, cara ini juga bertujuan untuk meyakinkan diri bahwa kambing yang digunakan untuk ibadah tersebut benar-benar halal untuk dikonsumsi.

4. Pilih yang Menyediakan Paket Masakan

Beberapa lembaga aqiqah mungkin hanya menerima penyembelihan dan pemotongan daging kambing saja. Selanjutnya, konsumen harus mengolah dan memasak daging kambing sendiri di rumah. Ingat bahwa tidak semua orang bisa sukses untuk memasak daging kambing dengan rasa yang enak.

Perlu pengalaman untuk menerapkan teknik khusus supaya daging kambing bisa empuk dan bau prengusnya hilang. Jika ingin lebih praktis dan tidak mau kesulitan dalam memasak daging kambing, maka pilih jasa paket aqiqah Bandung yang menyediakan paket masakan.

Setelah kambing dipotong sesuai syariat, lembaga tersebut akan sekaligus mengolah daging kambing menjadi menu yang Anda inginkan, misalnya gule atau sate kambing. Soal rasa juga sudah terjamin, karena mereka sudah berpengalaman untuk menyajikan olahan daging kambing dengan tekstur embuk, bumbu meresap sempurna, dan bau perengus pun tidak begitu menyengat.

5. Jangan Tergiur Harga Murah

Harga memang sangat berpengaruh pada kualitas. Hal ini juga berlaku pada pemesanan daging kambing untuk kurban. Jika ada lembaga yang menawarkan harga jauh di bawah harga pasaran, sebaiknya jangan langsung tergiur.  Apalagi jika pihaknya tidak memberi izin pada Anda untuk datang langsung ke lokasi kandang kambing untuk melakukan pengecekan. Penawaran seperti ini biasanya banyak muncul di internet.

Lebih baik pilih layanan dengan harga yang wajar dan sesuai pasaran. Namun, bukan berarti Anda harus memilih harga yang mahal. Pada intinya, pastikan untuk mencari informasi dan mengecek kebenaran dari lembaga jasa aqiqah yang ingin digunakan. Cek testimoni dari pelanggan terdahulu juga penting untuk dilakukan.

Demikian beberapa tips menggunakan jasa paket aqiqah Bandung. Pastikan untuk tidak terburu-buru dalam memilih jasa aqiqah sebelum Anda menerapkan kelima tips di atas. Mempersiapkan acara sejak awal tentunya akan memudahkan Anda dalam melaksanakan ibadah aqiqah untuk si kecil. Meski digelar secara sederhana, namun acara bisa berjalan dengan sederhana, hikmat, tan pastinya lebih hemat biaya.

baca juga Aqiqah Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *