Cara Membakar Ikan Menggunakan Alat Panggang Berbahan Bakar Gas

Alat panggang merupakan suatu alat yang umum digunakan oleh orang untuk memasak makanan dengan cara dipanggang di bagian panggangan. Secara umum, alat pemanggang terdiri dari beberapa jenis dengan empat jenis diantaranya adalah alat pemanggang yang umum dijumpai. Keempatnya adalah alat pemanggang berbahan bakar gas, alat panggang listrik, alat pemanggang berbahan bakar arang, dan alat pemanggang kabinet.

Dari keempat jenis alat pemanggang tersebut, jenis alat pemanggang yang menggunakan bahan bakar gas adalah yang paling banyak digunakan. Pemanggang berbahan bakar gas umumnya dipilih karena memiliki pemanasan yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis alat pemanggang lainnya. Berbagai jenis makanan mulai daging, ayam, ikan, dan seafood bisa dengan cepat dipanggang menggunakan alat panggang berbahan bakar gas tersebut.

Namun, dari beberapa jenis makanan, biasanya ikan merupakan makanan yang cukup sulit dipanggang secara sempurna di alat pemanggang. Ditambah lagi jika alat pemanggang tersebut berbahan bakar gas, maka perlu trik atau cara tertentu untuk memanggang berbagai olahan ikan. Hal tersebut karena ikan cenderung mudah menempel dan hancur pada alat pemanggang sehingga hasilnya menjadi tidak maksimal.

Oleh karena itu, cara memasak atau memanggang makanan jenis ikan tidak boleh sembarangan karena akan merusak bentuk makanan tersebut. Untuk memanggang menggunakan alat panggang berbahan gas ada cara khusus agar hasil panggangan pas dan tidak merusak bentuknya. Berikut adalah cara membakar ikan menggunakan alat panggang berbahan bakar gas agar hasilnya tetap baik:

Tempatkan Alat di Tempat yang Aman

Pertama yang harus diperhatikan adalah aturan dasar dalam menggunakan alat pemanggang berbahan bakar gas itu sendiri. Untuk menggunakan alat pemanggang, sebaiknya tempatkan atau posisikan alat pemanggang agak jauh dari berbagai benda yang mudah terbakar. Selain itu, juga perlu diperhatikan agar menghindari sama sekali menggunakan gas pemanggang di dalam ruangan.

Bersihkan Alat Pemanggang

Kedua, sebelum memanggang ikan, pastikan terlebih dahulu alat pemanggang sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan sikat kawat. Setelahnya, bersihkan juga alat pemanggang menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan sisa minyak dari hasil pemanggangan sebelumnya yang bisa membahayakan. Lalu selanjutnya olesi dengan minyak zaitun atau minyak sayur untuk mengurangi lengket pada panggangan dan panaskan hingga suhu yang diinginkan.

Persiapkan Ikan yang akan Dipanggang

Langkah ketiga adalah mempersiapkan ikan yang akan dipanggang dengan cara membumbuinya menggunakan rempah dan bumbu lainnya. Untuk membuat bumbu meresap, sebaiknya ikan direndam atau diolesi bumbu hingga merata dan didiamkan selama sekitar 20 menit. Proses tersebut akan membuat semua bumbu meresap hingga ke dalam ikan sehingga rasanya menjadi merata sampai ke dalam.

Masak Ikan di atas Panggangan

Setelah 20 menit didiamkan, langkah selanjutnya adalah membakar ikan diatas panggangan yang sudah panas tersebut. Selain itu, untuk menjaga agar ikan tidak lengket, sebaiknya beberapa jenis ikan dilapisi aluminium foil. Untuk setiap sisinya sebaiknya dipanggang masing-masing sekitar tiga menit agar tidak overcook dan untuk fillet cukup dipanggang dua menit per-sisi-nya.

Alat pemanggang berbahan bakar gas sendiri saat ini sudah banyak dijumpai di berbagai rumah di kota-kota besar. Selain itu, sebagian besar villa biasanya juga menyediakan alat pemanggang berbahan gas karena lebih praktis untuk digunakan. Banyaknya minat pembelian alat ini membuat banyak toko mesin pengolah makanan yang menjualnya secara online dengan beragam diskon dan cicilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *