Bisakah senam kegel atasi ejakulasi dini pada pria ?

Senam Kegel umumnya dilakukan oleh wanita, tetapi olahraga ini juga dapat dilakukan oleh pria dan berguna untuk kesehatan seksual.

Senam Kegel dapat menjadi salah satu terapi untuk mengatasi disfungsi seksual pria.

Dilaporkan oleh masyarakat internasional untuk pengobatan seksual (ISSM), disfungsi seksual pria ditandai dengan ejakulasi yang selalu atau hampir selalu terjadi sebelum atau dalam satu menit penetrasi vagina.

Ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi dapat berdampak pada kesehatan seperti stres, frustrasi, dan mempengaruhi keintiman seksual.

Ejakulasi prematur adalah masalah yang umum terjadi pada pria, tetapi dapat memberikan konsekuensi serius bagi kualitas hubungan dengan mitra.

Jurnal Internasional Andrology menyatakan senam Kegel dapat membuat 50 persen pria memegang orgasme, sehingga hubungan seksual dapat bertahan lebih lama.

Senam Kegel dikembangkan oleh Amerika Serikat, Dr. Arnold Kegel pada 1940-an.

Senam Kegel dapat disebut senam pelatihan otot yang kurang jelas yang berguna untuk meningkatkan kondisi yang dapat mengurangi kekuatan otot panggul yang lebih rendah seperti tenaga kerja, penuaan, kelebihan berat badan, dan kondisi lainnya.

Dikutip dari Pusat Nasional Informasi Bioteknologi (NCBI), pada studi Juli 2010 dan Agustus 2012, 40 peserta laki-laki berpartisipasi dalam penelitian rehabilitasi otot panggul yang lebih rendah.

Para peserta dimasukkan dalam kategori ejakulasi prematur IMSM yang menyatakan ejakulasi kurang dari 60 detik atau satu menit.

Selain itu, peserta juga harus berada dalam hubungan yang stabil dengan sepasang setidaknya 6 bulan terakhir dan memiliki hubungan seksual setidaknya sekali seminggu atau bisa lebih banyak dengan pasangan. Setelah menjalani program rehabilitasi otot panggul selama 12 minggu, 33 dari 40 peserta mendapatkan waktu ejakulasi yang lebih lama.

Selain untuk mengatasi ejakulasi dini senam Kegel juga memiliki fungsi yang lain, seperti dikutip dari situs web Herqowmax .

  • Membantu meredakan inkonsistensi urine, kondisi di mana sulit seseorang sulit untuk menahan desakan buang air kecil, baik pria maupun wanita.
  • Ereksi lebih kuat. Karena lancarnya peredaran darah maka penis bisa ereksi lebih kuat. Tim ahli dari Israel menemukan, latihan otot panggul bawah bisa membantu pria dengan disfungsi ereksi agar bisa mempertahankan ereksinya.
  • Mencegah kencing tidak tuntas atau yang biasa disebut dengan post-micturition dribble (urine masih menetes setelah buang air kecil) terutama pada pria. Penelitian dalam jurnal BJU Internasional menemukan senam ini memang dapat membantu pria mengendalikan keluarnya urine.
  • Menjaga prostat agar terhindar dari kanker. Senam ini melatih otot-otot yang ada di sekitar prostat sehingga bisa menopang organ reproduksi pria dengan kuat.

Cara melakukan senam Kegel cukup mudah dan bisa dilakukan walau dalam kesibukan yang padat. Dilansir dari Urology, cara melakukan senam kegel adalah sebagai berikut.

  • Temukan di mana otot bawah panggul. Caranya bisa dengan mencoba memberhentikan dan aliran urine ketika sedang kencing. Otot yang yang memberhentikan kencing tersebut adalah otot panggul bawah.
  • Selanjutnya kencangkan dan tahan otot tersebut sekitar lima detik. Lakukan posisi berbaring lalu angkat panggul, sekaligus kencangkan otot panggung bawah, tahan sekitar 10 detik.
  • Kendurkan otot bawah panggul dan kembali ke posisi berbaring.
  • Gerakan ini masih terhitung satu kali, ulangi gerakan ini sekitar 10 hingga 20 menit.

Hal yang perlu diingat saat melakukan senam kegel:

  • Jangan tahan napas.
  • Jangan mendorong ke bawah otot panggul bawah. Pastikan mencoba mengangkat otot untuk naik.
  • Jangan kencangkan otot di perut, pantat, atau paha ketika sesi berlangsung.

Menjaga kesehatan alat kelamin bisa dilakukan tanpa menggunakan biaya yang mahal dan senam Kegel ini merupakan salah satunya. Biasanya pada pertama kali senam hanya sekitar 10 sampai 20 kali gerakan, tetapi seiring menguatnya otot panggul bawah, jumlahnya akan bertambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *