Bagaimana Menjaga Sistem Pemanas Air Tenaga Surya?

Tangki penyimpanan adalah yang paling penting di setiap pemanas surya. Pada dasarnya tangki surya ini terdiri dari outlet tambahan dan saluran masuk yang terhubung ke kolektor. Dalam dua sistem tangki, proses pemanasan dimulai sebelum air masuk ke dalam pemanas. Dalam satu sistem tangki, pemanas cadangan terhubung ke penyimpanan surya dalam satu tangki.

Kolektor surya mempunyai dua jenis, yang digunakan untuk aplikasi perumahan

Kolektor plat datar:
Ada dua jenis kolektor plat datar yaitu kaca dan tanpa kaca. Kolektor berlapis kaca tahan cuaca dan menggunakan plat penyerap gelap di bawah satu atau dua kaca. Kolektor tanpa kaca digunakan untuk memanaskan kolam surya. Ini menggunakan plat penyerap gelap yang terbuat dari polimer logam tanpa pagar.

Sistem penyimpanan kolektor integral:
Sistem penyimpanan kolektor integral yang juga disebut sistem batch ICS memiliki satu atau lebih tangki atau tabung hitam yang diisolasi dalam kotak berlapis kaca.

Ketika air dingin melewati kolektor surya maka air mendidih / panas. Air mendidih kemudian mengalir melalui pemanas air konvensional di mana kita mendapatkan air panas.

Sistem penyimpanan ini sebagian besar menggunakan tempat-tempat yang agak beku karena ada kemungkinan bahwa pipa-pipa luar mungkin membeku dalam suhu dingin yang ekstrem.

Kolektor surya tabung penyimpanan:
Mereka terdiri dari tabung kaca transparan di mana setiap tabung terdiri dari tabung kaca luar dan penyerap logam yang terhubung ke dayung. Dayung mengambil panas dari surya tetapi kolektor ini secara tidak sengaja kehilangan energi. Jenis sistem yang digunakan dalam aplikasi komersial

Namun sistem pemanas air tenaga surya membutuhkan sistem cadangan selama hari berawan dan ketika tuntutan sistem meningkat. Sistem pemanas air penyimpanan konvensional digunakan sebagai cadangan dan kadang-kadang tersedia dalam paket pemanas air tenaga surya. Sistem ini juga dapat menjadi bagian dari kolektor surya seperti tangki atap juga dengan sistem termosifon.

Sudah kita ketahui bahwa sistem penyimpanan kolektor integral menyimpan air panas selain untuk mengumpulkan energi surya yang dikemas dengan tangki lebih sedikit atau jenis permintaan.

Bagaimana Menjaga Sistem Pemanas Air Tenaga Surya?
Biaya pemeliharaan sistem ini sangat rendah. Pengguna harus memeriksa sistem dari waktu ke waktu apakah ada kebocoran. Jika kebocoran dalam sistem maka itu terlihat dari luar mungkin ada bau busuk itu menunjukkan akan ada kebocoran.

Pendinginan tinggi setelah periode waktu yang digunakan untuk perlindungan sistem harus diisi ulang atau diganti karena ada kemungkinan itu akan rusak sehingga berakibat buruknya kinerja pemanas. Jika sistem digunakan terus menerus maka Anti-cool tetap bagus.

Sumber : https://solahartku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *