jual beli mobil

Apa Saja yang Perlu Diketahui Pada Saat Jual Beli Mobil?

Mobil masa kini memiliki beragam variasi dan model. Harga mobil pun semakin lama semakin mahal. Banyak masyarakat yang lebih memilih beli mobil bekas daripada membeli yang baru. Berikut adalah hal yang perlu Anda ketahui tentang jual beli mobil.

jual beli mobil

Harga Pasaran

Anda harus mencari sumber informasi agar dapat mematok harga yang relevan di pasaran. Fungsi dari menentukan harga agar mobil yang Anda jual tidak terlalu mahal maupun terlalu murah. Jangan menentukan harga terlalu tinggi supaya cepat laku. Bagi Anda yang ingin membeli mobil, pastikan harganya tidak terlalu jauh dengan harga pasaran.

Memeriksa Kondisi Mobil

Jika Anda ingin menjual mobil, pastikan periksa kondisi keseluruhan. Fungsinya agar Anda mengetahui jika ada kerusakan seperti mesin ataupun kinerja mobil. Jika terdapat kerusakan, sebaiknya ganti atau perbaiki komponen. Bagi Anda yang bertindak sebagai pembeli, tentu tidak perlu komplain karena mesinnya termasuk normal.

Surat Perjanjian

Aturan dalam jual beli terutama mobil yaitu perjanjian antara kedua belah pihak antara pembeli dengan penjual. Surat perjanjian bertujuan menjelaskan identitas dari masing-masing pihak. Isi dari surat tersebut diantaranya, keterangan merek mobil, nomor mesin dan lainnya. Anda dapat menambahkan informasi tertentu agar lebih terperinci.

Kepemilikan Mobil

Jika mobil sudah dibayar lunas oleh pembeli, maka penjual wajib menyertakan berkas kepindahan kepemilikan beserta surat-surat mobil. Pastikan mobil yang dibeli benar-benar milik si penjual. Hal tersebut guna mengantisipasi apabila mobil tersebut hasil kriminal. Tanyakan detil secara rinci perihal informasi kepemilikan.

Ada Acuan Hukum

Selain surat perjanjian, dalam jual beli mobil tersebut ada patokan Undang-Undang (UU) agar tidak ada pihak yang dirugikan. Hukum tersebut tentang perlindungan konsumen yang diatur di UU No. 8 tahun 1999. Adanya kesepakatan hukum membuat lebih jelas status mobil yang diperjual belikan. Penjual yang tidak memenuhi syarat dapat digugat oleh pembeli.

Hak Konsumen

Sebagai konsumen, ada hak tertentu diatur di UU Perlindungan Konsumen, yaitu informasi yang benar, jelas dan jujur atas barang yang dijual. Ada juga hak untuk didengarkan keluhan atas barang yang diperjual belikan. Konsumen berhak mendapat kompensasi apabila mobil yang diterima tidak sesuai. Pelaku usaha harus beritikad baik dalam usahanya

Konsumen memiliki hak untuk menguji atau mencoba barang maupun jasa. Garansi atau jaminan wajib diberikan oleh penjual. Pelaku usaha dilarang memperdagangkan barang rusak, cacat atau tercemar, tanpa memberikan detail yang benar. Penjual dapat didenda atau dipenjara jika melanggar, berdasarkan UU Perlindungan Konsumen Pasal 62 ayat 1.

Dokumen Transaksi

Syarat dokumen tersebut diantaranya BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) yang asli dari pemilik. STNK (Surat Tanda  Nomor Kendaraan) dan lembar pajak yang belum kadaluarsa. Faktur nomor mesin dan Form A sebagai keterangan kendaraan. Terakhir, kwitansi kosong dan fotocopy KTP untuk mempermudah jika balik nama.

Pihak Terkait

Dalam jual beli mobil bekas ada dua cara, pribadi atau pihak ketiga. Menjual secara pribadi berarti melakukan secara mandiri baik beriklan maupun memasarkan. Untuk pihak ketiga berarti Anda tak perlu memasarkan tetapi tinggal menunggu status penjualan mobil Anda. Pihak ketiga termasuk ke dalam situs jual beli atau marketplace.

Berikut tadi adalah hal yang perlu Anda ketahui mengenai jual beli mobil. Pastikan Anda mengetahui dasar persyaratan dalam jual beli terutama seperti mobil. Etika dan alur antara penjual dan pembeli juga harus Anda ketahui agar terjalin kepercayaan antara kedua pihak. Apabila Anda ingin membeli mobil bekas, dapat menggunakan layanan COD atau Car On Delivery dari Mobil88. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh mobil88 adalah layanan COD atau Car on Delivery. Layanan ini dimaksudkan untuk mengakomodir semua kebutuhan pembeli ketika ingin melihat mobil idamannya secara langsung. Tidak perlu pergi jauh ke showroom, pasalnya layanan COD bisa membuat Anda melakukan pengecekan mobil bahkan melakukan test driver #DariRumahAja. Cukup diam diri di rumah, team mobil88 akan mengantar mobil langsung ke depan rumah dengan free biaya antar showing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *