Tips Membersihkan Exhaust Fan

Anda Perlu Tahu! Ini 4 Tips Membersihkan Exhaust Fan

Mau tahu tips membersihkan exhaust fan? Bagi kebanyakan orang hal ini mungkin tidak perlu diperhatikan. Tapi pada nyatanya, fungsi alat ini sangatlah penting.

Dengan exhaust fan, kelembaban udara pada ruangan akan stabil. Bau tidak sedap pun hilang. Dan ruangan menjadi bebas dari jamur serta lumut. Karena itulah pada beberapa bagian rumah, exhaust fan menjadi penting.

baca juga artikel tentang home cleaning tangerang

Tips Membersihkan Exhaust Fan

Nah, agar exhaust fan awet digunakan, rutin-rutinlah membersihkannya. Sebab ketika exhaust fan digunakan terus menerus. Namun tanpa ada upaya pembersihan. Itu bisa membuatnya cepat rusak.

Maka dari itu, perhatikan tips untuk membersihkannya berikut ini:

  • Bersihkan Bagian Jaring

Langkah pertama, bersihkan dulu bagian jaringnya. Mulailah dengan melepaskan jaring. Kemudian tuang air mendidih ke atasnya.

Anda juga bisa gunakan larutan amonia. Caranya, campurkan ½ gelas amonia dan 1 gelas air mendidih. Lalu masukkan jaring ke dalamnya.

Angkat setelah 30 menit kemudian gosok-gosok perlahan. Agar kotoran yang menempel jadi terangkat.

  • Bersihkan Bilah Kipas

Hal berikutnya, bersihkan bagian bilah kipas. Pada tahap ini Anda mungkin akan sedikit kesulitan. Namun begitu, ada cara yang mudah.

Campurkan ½ gelas amonia dan 2 sendok baking soda. Lalu tambahkan sabun cuci dan air. Gunakan untuk membersihkan.

Atau bisa juga dengan metode lain. Menggunakan larutan detergen dan air panas. Gunakan untuk merendam selama 20-25 menit. Gosok-gosok bagian yang kotor menggunakan sikat. Dan jangan lupa selalu pakai sarung tangan dan masker.

  • Bersihkan Kotoran dan Debu

Bagian exhaust fan ada banyak yang tersembunyi. Maka dari itu, beri perhatian ekstra saat membersihkannya. Anda bisa gunakan kain lap untuk menghilangkan debu. Sementara untuk noda minyak, Anda bisa gunakan bahan kimia kaustik.

  • Lakukan Perawatan dan Pembersihan Rutin

Anda tidak mungkin bersih-bersih setiap hari, bukan? Karena itu, lakukan tips membersihkan exhaust fan ini minimal sebulan sekali. Atau setidaknya rutinlah bersihkan debunya. Dengan menggunakan kain lap atau vacuum cleaner.

baca juga: jasa bersih rumah tangerang

Jenis-Jenis Exhaust Fan

Selain mengetahui cara membersihkan exhaust fan. Anda juga harus tahu kalau exhaust fan ada beberapa jenisnya. Apa saja itu? Simak berikut ini:

  • Exhaust Fan Langit-Langit

Jenis ini cocok dipasangkan di plafon ruangan tertutup. Seperti dapur tanpa area terbuka. Exhaust fan jenis ini terdiri dari berbagai ukuran kipas. Mula dari 8, 10 hingga 12 inci dengan beragam merk.

  • Exhaust Fan Dinding

Sesuai namanya, jenis ini dipasang pada dinding. Idealnya dinding yang langsung berhadapan dengan area terbuka. Seperti ruang makan atau dapur.

  • Exhaust Fan Jendela

Exhaust fan jenis ini dipasang pada jendela rumah. Seperti di kamar, ruang tamu, atau ruang keluarga. Jenis ini bisa Anda pasangkan pada jendela kaca. Dengan ketebalan kaca mulai dari 3-7 mm.

  • Exhaust Fan dalam Cooker Hood

Jenis ini secara spesifik dipasang di atas alat memasak. Utamanya ialah kompor. Yang mana exhaust fan ini bekerja menyingkirkan asap. Serta uap dan bau yang dihasilkan dari proses memasak.

Itulah tips membersihkan exhaust fan dan beberapa jenisnya. Meski pembersihannya terbilang sulit. Pastikan Anda tidak melewatkan membersihkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *