5 Tips Ampuh Membersihkan dan Merawat Lantai Vinyl

Inovasi pada bidang desain memunculkan material vinyl sebagai pengganti lantai keramik. Lantai vinyl terbuat dari material PVC (Polyvinyl Chloride). Lapisan terluar dari material ini adalah UV coated wear layer yang membuat permukaan lantai nampak licin dan mengkilap. Pengaplikasian lantai vinyl memudahkan pemilik hunian untuk menghadirkan nuansa kayu pada ruangan sehingga tidak perlu menggunakan material kayu asli yang lebih sulit dari segi pemasangan dan perawatannya.

Kandungan dasar lantai vinyl membuatnya tahan terhadap air, namun tetap saja memerlukan perawatan khusus untuk mempertahankan keawetan. Lantai vinyl juga bisa cepat rusak apabila dibersihkan dengan cara yang kasar dan salah. Oleh karena itu agar tetap bersih, bebas noda, awet, dan selalu tampil seperti baru sebaiknya anda lebih dulu mengetahui cara-cara membersihkan lantai vinyl secara tepat dan aman. Karena vinyl adalah material yang bersifat lumayan sensitif, proses membersihkan dan perawatannya harus dilakukan dengan tepat dan aman.

5 tips membersihkan lantai vinyl berikut ini dapat anda praktekan apabila anda menggunakan lantai berbahan vinyl pada hunian anda.

1. Sapu Lantai Secara Rutin

Partikel debu dan kotoran yang sukar dilihat mata jika dibiarkan akan menumpuk dan mengendap. Hal ini membuat permukaan lantai terlihat kusam dan dapat menimbulkan goresan-goresan. Menyapu secara rutin akan membuat lantai vinyl lebih bersih. Selain itu menyapu juga meminimalisir tergoresnya permukaan lantai akibat gesekan antara partikel kotoran dengan permukaan lantai.

Baca Juga : Supplier Vinyl Lantai

2. Gunakan Vacuum Cleaner

Selain sapu, anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner atau alat penyedot debu untuk permbersih lantai. Atur vacuum ke mode “beater bar” agar vacuum cleaner dapat berkerja maksimal menyedot debu dan kotoran di permukaan lantai hingga ke sudut-sudut yang tidak dapat terjangkau oleh sapu biasa.

3. Pel Lantai dan Keringkan

Setelah proses menyapu atau mem-vacuum selesai dilakukan kemudian dilanjutkan dengan proses mengepel lantai. Prosesnya hampir sama dengan mengepel lantai keramik biasa yaitu menggunakan air yang dicampur dengan larutan pembersih lantai. Bedanya adalah untuk lantai vinyl larutan pembersih yang digunakan adalah khusus bahan vinyl. Saat mengepel tidak boleh menumpahkan banyak air ke permukaan lantai karena akan membuat lantai vinyl lembab dan mudah rusak. Tidak boleh pula menggosok permukaan terlalu keras untuk mencegah kerusakaan lantai vinyl. Setelah mengepel selesai segera keringkan lantai dengan kain lap kering dan oleskan konsentrat khusus vinyl untuk mengkilapkan permukaan lantai.

4. Gunakan Larutan Cuka dan Bubuk Baking Soda

Sebagai alternatif, campuran air dan cuka atau juga dengan bubuk baking soda dapat digunakan sebagai campuran khusus pembersih vinyl yang ampuh menghilangkan warna kusam pada lantai dan mengangkat noda membandel. Hindarkan bahan vinyl dari sorotan matahari langsung karena dapat memudarkan warna vinyl.

Anda dapat memberi alas pada bagian yang sering dilalui dengan karpet lantai yang kini tersedia dengan berbagai motif dan ukuran. Hal ini untuk menghindari lantai tergores akibat banyaknya aktivitas yang terjadi di atas permukaan lantai dan menjaga warna lantai agar tidak pudar. Kelima tips membersihkan lantai vinyl ini dapat dengan mudah anda praktekan untuk tetap menjaga kebersihan lantai vinyl pada hunian anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *