5 Penyebab Malas Bekerja Dan Solusi Penanganannya

Sebagai seorang pekerja memang yang namaya produktif harus selalu tersemat dalam dirinya, karena bagaimanapun hal tersebut sangat berpengaruh bagi kelancaran pekerjaan.

Tapi tidak selamanya pekerja bisa menjadi produktif, ada beberapa alasan yang membuat mereka menjadi tidak semangat dalam bekerja, seperti contohnya malas.

Dan rasa malas bekerja memang harus segera di atasi karena jika tidak tentu hal tersebut akan mendatangkan dampak buruk bagi pekerjanya.Tapi setiap penanganan pasti harus ditemukan penyebabnya terlebih dahulu.

Jadi ketahui lebih dahulu apa penyebab malas bekerja setelah itu baru bisa dicari solusinya.

5 Penyebab Malas Bekerja Dan Solusi Penanganannya

Pekerjaan Menumpuk Dan Terlalu Sulit

kerja menumpuk

Pekerjaan yang menumpuk memang bukanlah sebuah keadaan yang menjadi keinginan seorang karyawan.Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat waktu santai mereka tersita terlalu banyak dan membuat mereka harus segera menyelesaikannya secepat mungkin.

Selain itu belum lagi jika pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang sulit, tentunya akan bertambah lagi waktu yang tersita hanya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Terkadang pekerjaan yang terlalu menumpuk dan sulit membuat orang merasa cemas akan apa yang mereka hadapi selanjutnya, sehingga hal tersebut bisa membuat mereka merasa kurang bisa untuk mengerjakan hal tersebut dan ujung-ujungnya malas mengerjakan karena merasa itu terlalu sulit.

Solusi :

  • Jangan menunda pekerjaan

Itu adalah solusi terbaik yang bisa didapatkan, sebisa mungkin untuk jangan terbiasa menunda-nunda pekerjaan.Dan apabila pekerjaan hari ini selesai, maka waktu sisanya bisa Anda gunakan untuk istirahat sejenak dan menyelesaikan yang dulu sempat tertunda.

  • Mengikuti Pelatihan

Tidak cukup materi bisa membuat pekerjaan terasa sulit, untuk itu langkah yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengikuti pelatihan.

Saat ini ada berbagai macam sistem pelatihan karyawan yang bisa membantu Anda dalam menambah ilmu yang berguna untuk pekerjaan Anda.

Terlalu Tertekan

tertekan dengan kerja

Sama kaitannya dengan hal yang ada di atas pekerjaan yang terlalu sulit bisa memicu stress pada diri seorang karyawan, namun bukan hanya pada seputar kerja saja, stress yang dipicu dari masalah lain yang tidak ada hubungannya dengan dunia kerja bisa membuat seseorang merasa malas untuk sekedar berangkat bekerja.

Terlebih lagi hal itu bisa membuat mereka tidak bisa fokus di kantor jika mengingat masalah yang tengah mendera.

Solusi :

  • Mengambil Istirahat Yang Cukup

Mungkin tidak semudah itu mengambil waktu istirahat saat pekerjaan menumpuk sangat banyak, namun Anda bisa mendapatkan istirahat yang cukup saat pulang kerja atau tidak Anda bisa mengambil cuti untuk istirahat.

Yang pasti bukan hanya itu saja cara menangani stress yang tepat ada cara lain yang bisa Anda lakukan.

Lingkungan Kerja Tidak Nyaman

lingkungan kerja buruk

Faktor selanjutnya yang dapat membuat orang menjadi stress adalah faktor lingkungan.Ada berbagai macam seperti hubungan dengan sesama rekan kerja atau bahkan hubungan dengan atasan yang tidak terlalu baik.

Selain itu, masalah lainnya adalah kurang memadainya fasilitas yang ada pada tempat bekerja atau suasana kerjanya yang kurang mendukung dengan apa yang diharapkan.Hal ini bisa membuat seseorang merasa tidak bisa menyesuaikan diri dan ujung-ujungnya malas karena keadaaanya tidak sesuai dengan apa yang diimpikan.

Solusi :

  • Lebih Terbuka

Maksudnya disini adalah berbagai macam hal seperti berusaha untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan rekan ataupun atasan.Dan apabila masalah yang ditimbulkan karena fasilitas Anda bisa memberikan kritikan kepada atasan Anda langsung atau tidak minimal pada leader Anda.

Target Pencapaian Tidak Jelas

target tidak tepat

Terkadang terjadi sebuah kebingungan dikarenakan tidak tahu apa yang sedang dikejar dalam pekerjaan yang dilakukan.Tidak memiliki tujuan target yang jelas bisa membuat seseorang merasa jenuh dan tidak memiliki semangat, karena mereka merasa bahwa semua ini tidaklah pasti hasilnya jika tidak ditentukan dengan jelas apa yang harus dicapai.

Solusi :

  • Membentuk visi dan misi yang lebih terstruktur

Solusi yang bisa diambil adalah dengan membentuk sebuah visi atau misi yang lebih jelas strukurnya.Apa saja yang harus dicapai oleh perusahaan, dan apa yang harus dilakukan oleh Anda sebagai karyawan.

Selain itu pembuatan SOP yang jelas juga akan membantu Anda dalam mencapai target yang lebih baik lagi.

Kurangnya Partisipasi, Motivasi, dan Apresiasi

tidak ada motivasi

Hal ini juga berdampak pada tingkat semangat seorang karyawan.Sebagai seorang karyawan mereka juga perlu untuk ikut andil dalam berbagai macam hal yang berhubungan dengan perusahaan mereka, dengan itu mereka akan merasa berguna bisa ikut berpartisipasi untuk perusahaan.

Selain itu mereka juga membutuhkan yang namanya motivasi, apabila mereka sedang down pasti mereka akan sangat kesulitan dalam membentuk semangat baru, jadi mereka perlu yang namanya motivasi.

Terlebih lagi mengenai apresiasi, apapun hasil yang mereka berikan pada sebuah perusahaan, yang terpenting mereka ikut berusaha melakukan pekerjaan mereka dengan baik, jadi penghargaan juga berpengaruh besar untuk seorang karyawan.Bukan berupa material saja, penghargaan bisa diberikan dengan sebuah ungkapan terimakasih atau pujian atas apa yang mereka lakukan.

Solusi :

  • Memberikan perhatian lebih

Ya, jika Anda berada di posisi sebagai seorang pemimpin sudah sepatutnya Anda memberikan perhatian yang lebih pada karyawan Anda.

Tapi, jika Anda berada di pihak karyawan, memang tidak mendapatkan ketiga hal tersebut adalah hal yang cukup memprihatinkan.Namun, tidak ada salahnya jika Anda terus bertahan atau tidak Anda bisa ikut berpartisipasi untuk kebaikan diri Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja.

Penyebab Lain

mengantuk

Penyebab lain yang sering terjadi pada diri seseorang adalah mengantuk, tidak sarapan atau kekenyangan makanan, menganggap remeh pekerjaan, sampai pada tahap jumlah gaji.

Semua hal itu memiliki solusi masing-masing, namun secara mendasar Anda bisa mengatasinya dengan berolahraga, menjaga asupan gizi, atau menanamkan tekad bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.

Jadi itulah beberapa penyebab kemalasan yang menimpa diri setiap pekerja, sebisa mungkin untuk terus memacu semangat dalam diri Anda, dikarenakan jaman yang sudah semakin global ini begitu susah yang namanya mencari pekerjaan.

Jadi pastikan bahwa Anda menghargai pekerjaan yang Anda jalani saat ini.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *