5 Hari Menjabat , Presiden Peru Manuel Merino Mengundurkan Diri

Presiden Peru Manuel Merino hanya menjabat selama lima hari dan segera mengumumkan pengunduran diri dari kantor, Senin (2020/11/16). Manuel Merino dilantik pada 10 November 2020.

Pengunduran diri Manuel Merino setelah aksi unjuk rasa di mana-mana, memprotes pemerintahannya. Dan tekanan untuk mundur ke Merino memuncak pada Minggu (15/11).

“Saya ingin memberitahu seluruh negeri bahwa saya mengundurkan diri,” kata Merino dalam pidato televisi pada hari Minggu (15/11).

Sebelumnya, protes menyebabkan bentrokan yang menewaskan dua orang. Sebelum Merino mundur, setidaknya delapan anggota kabinet dilantik 10 November 2020 mengundurkan diri pada Minggu (15/11) pagi.

Merino kurang dikenal mawar masyarakat ke pos dari satu nomor di Peru pada 10 November, setelah parlemen mendakwa pendahulunya, Martin Vizcarra. Dalam mendakwa Vizcarra, legislator menggunakan klausul Undang-Undang abad ke-19 yang diklaim presiden memiliki “ketidakmampuan moral yang permanen”.

Keputusan itu didasarkan pada tuduhan yang belum terbukti bahwa Vizcarra menerima suap ketika mereka menjabat sebagai gubernur, bertahun-tahun lalu.

Jajak pendapat menunjukkan Peru ingin Vizcarra tetap sebagai presiden. Dia terkenal di masyarakat karena menyatakan perang melawan korupsi.

Sumber : https://era.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *