penanaman modal usaha

5 Cara Mendapatkan Penanaman Modal Untuk Usaha

Seperti apa yang telah dikatakan oleh almarhum Bob Sadino bahwa, “Setinggi apapun pangkatmu kamu tetap karyawan, dan sekecil apapun usahamu kamu tetap adalah bosnya. 

Seiring dengan seringnya mendengar pernyataan tersebut sehingga membuat banyak masyarakat saat ini yang lebih tertarik untuk membuka bisnis sendiri dibandingkan dengan bekerja di kantor. Banyak orang yang berlomba lomba membuka bisnis yang mampu menghasilkan secara jangka panjang untuk menggantikan penghasilan yang bisa didapatkan saat bekerja di kantoran. 

Tetapi sayang keinginan tersebut seringkali sulit terwujud bahkan pupus karena modal yang terbatas. Karena pastinya untuk membuka sebuah bisnis terkadang dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Tenang tidak perlu khawatir, karena kini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan seed funding atau penanaman modal usaha. Berikut dibawah ini 5 cara mendapatkan penanaman modal untuk usaha, diantaranya yaitu :  

1. Menggadaikan Aset Untuk Mendapatkan Pinjaman Modal 

penanaman modal usaha

Untuk mendapatkan modal usaha, kamu bisa menjaminkan asset pribadi yang dimiliki atau melakukan pegadaian. Biasanya dengan cara ini bisa didapatkannya modal berupa uang tunai. Adapun asset pribadi yang bisa digadaikan bisa berupa  gadget, surat tanah, emas perhiasaan, emas batangan, BPKB kendaraan bermotor dan barang berharga lainnya. 

Adapun nominal pinjaman yang bisa didapatkan mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 1 miliar dengan tenor mulai dari 3 bulan serta bisa diperpanjang sesuai kebutuhan. 

2. Mendapatkan Modal Dari Pinjaman Bank

Mendapatkan modal dari pinjaman Bank ini berbeda dengan menggadaikan asset. Biasanya Bank jarang meminjamkan dananya pada usaha baru, tetapi mereka lebih mengutamakan pada usaha yang telah berjalan. Mengapa begitu? Pasalnya saat meminjam di Bank, kamu harus memberikan bukti kesehatan keuangan dari usaha milikmu, supaya pihak Bank bisa memastikan kalau kamu sanggup membayar cicilannya nanti. 

3. Mengajukan Pinjaman Modal Tanpa Agunan Dari Fintech Peer To Peer Lending 

Sebenarnya di era teknologi seperti saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha. Kamu tidak harus selalu bekerja terlebih dahulu atau bahkan mengorbankan barang barang berharga. Dengan hanya memanfaatkan koneksi internet saja, kamu sudah bisa mendapatkan modal dengan sangat mudah. Mengajukan pinjaman melalui fintech P2P Lending di KoinWorks adalah salah satu cara mudahnya yang bisa dilakukan. 

P2P lending merupakan praktik atau metode memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis dan juga sebaliknya, mengajukan pinjaman untuk keperluan individu atau bisnis. 

4. Mendapatkan Modal Pinjaman Dari Koperasi

Cara mendapatkan modal usaha lainnya adalah dengan mengajukan pinjaman ke koperasi. Memang biasanya pinjaman koperasi hanya ditujukan khusus bagi para anggota saja. Tetapi kamu tidak perlu khawatir jika ingin meminjam dana modal usaha dari koperasi, karena kamu juga bisa mengurusnya dengan mudah. Nantinya setelah kamu mengajukan pinjaman ke koperasi, status kamu akan berubah menjadi calon anggota koperasi. 

5. Modal Usaha Dari Pinjaman Dari Pemerintah (KUR : Kredit Usaha Rakyat)

KUR merupakan singkatan dari Kredit Usaha Rakyat adalah sebuah layanan kredit atau pembiayaan yang diberikan Perbankan untuk Usaha Mikro Kecil, Menengah, serta Koperasi atau UMKMK. KUR ini sendiri mencakup berbagai macam bentuk usaha, khususnya usaha yang bergerak dibidang pertanian, perikanan, kehutanan, hingga usaha jasa simpan pinjam. Sebenarnya tujuan KUR adalah untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi UMKM hingga memberantas kemiskinan. 

Selain itu masih ada cara lain untuk mendapatkan penanaman modal untuk usaha yaitu dengan mengajukan pinjaman kepada orang orang terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *