12 Tips SEO Untuk Meningkatkan Peringkat Website Anda

12 Tips SEO Untuk Meningkatkan Peringkat Website Anda

Untuk menambah peringkat website, sebagai pengelola website Anda perlu mempelajari tips SEO (Search Engine Optimization). Mengoptimalkan semua situs, tidak saja satu halaman, untuk search engine terbilang cukup tricky.

Hal ini disebabkan meskipun Anda telah mendapatkan keyword SEO yang tepat, tetapi belum memposting banyak konten, maka akan sulit untuk website itu untuk hadir di halaman kesatu hasil pencarian.

Oleh sebab itu, untuk mengoptimalkan semua situs website, beberapa tips SEO ini harus diperhatikan. Yuk, simak!

Tentukan topik secara spesifik

Topik adalah hal pertama yang harus kita pertimbangkan untuk mengelola website supaya bisa hadir di halaman awal hasil pencarian. Satu topik utama secara spesifik yang sesuai dengan perusahaan Anda harus benar-benar bisa mewakili pesan yang ingin disampaikan.

Langkah ini penting sebab topik akan mempermudah riset keyword untuk konten website.

Sebutkan keyword yang sangat penting

Setelah menemukan topik yang akan diangkat pada website, maka init saatnya kita memilih keyword yang sangat penting dan bersangkutan.

Masukkan keyword ini pada nama domain, judul situs, deskripsi, tagline, kelompok blog, judul halaman, sampai konten yang ada di setiap halaman.

Buat tautan ke halaman internal situs Anda

Banyak sistem manajemen konten yang secara otomatis mengerjakan hal ini. Akan tetapi, jika website kita tidak melakukannya, maka usahakanlah untuk menautkan setiap konten ke halaman-halaman berhubungan secara langsung dari beranda. Ketika konten sudah saling terpaut satu sama lain, maka ini akan mempermudah website kita mendapatkan penambahan ranking SEO.

Gunakan permalink yang berisi kata kunci

Tips SEO yang berikutnya ini masih jarang diketahui. Tak heran bila beberapa situs masih mempunyai struktur permalink yang tidak cukup efektif, seringkali mereka menggunakan angka untuk mengidentifikasi halaman.

Padahal hal ini malah tidak baik untuk skor SEO yang diberikan oleh mesin pencari. Sebaliknya, Anda disarankan untuk memakai struktur URL yang menyertakan teks dan kata kunci.

Hapus apa saja yang memperlambat load website

Kecepatan loading situs sangat dominan pada peringkat SEO website secara keseluruhan. Jadi, segera singkirkan hal-hal tidak penting yang malah memperlambat load website.

Tidak terkecuali fitur pemutar musik, gambar-gambar berukuran besar, maupun plugin yang tidak lagi diperlukan untuk mengelola website.

Tambahkan keyword pada gambar yang digunakan

Menambahkan keyword pada gambar yang dipakai pada website secara keseluruhan juga masuk dalam susunan tips SEO. Ini berarti setiap akan menambahkan gambar, pastikan Anda sudah mencantumkan keyword pada judul gambar, deskripsi, serta atribut alt. Jika diperlukan, ubah nama file sehingga berisi keyword yang digunakan pada halaman website.

Tautkan ke situs lain dengan konten yang relevan

Anda bisa mengerjakan ini dengan memasukkan halaman blogroll, susunan tautan, atau fitur-fitur lain yang ada di website web Anda. Namun demikian, tidak boleh berlebihan dalam menambahkan tautan situs lain di dalam konten Anda.

Di samping akan membuat kesan spamming, teknik ini juga akan menguntungkan pemilik situs lain yang malah mendapatkan ‘klik’ dari pengunjung situs Anda.

Perbarui konten secara berkala

Situs dengan konten dinamis tidak jarang berperingkat lebih tinggi daripada website dengan konten statis. Itu sebabnya blog dan direktori (seperti Wikipedia) melakukannya dengan baik di mesin pencari.

Hal ini disebabkan mereka terus dimodernisasi dengan konten-konten baru. Nah, kita juga bisa memperbarui konten secara berkala untuk menambah peringkat website.

Berhenti mengubah-ubah nama domain website

Tanpa disadari, umur URL kita menjadi hal utama yang memengaruhi peringkat penelusuran situs itu. Artinya, andai Anda terus menerus mengolah nama domain website, maka alogaritma mesin penelusuran tidak akan pernah memberikan skor yang baik. Sebaliknya, pertahankan nama domain situs itu sehingga indeks skornya tetap baik.

Sumber : Why You Need SEO Agency and What Will They Do

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *